PPI CUP 2019: Taiwan Shoufu University Menang di Kandang Sendiri!

Share

PPI CUP 2019 merupakan program kerja dari Divisi Internal Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Taiwan yang bertujuan untuk menjaga hubungan baik antar mahasiswa/i Indonesia yang ada di Taiwan, mengembangkan minat bakat serta memperkuat rasa nasionalisme, persatuan dan solidaritas mahasiwa/i Indonesia di Taiwan. Tahun ini acara PPI CUP yang merupakan agenda tahunan PPI Taiwan berhasil diselenggarakan di Taiwan Shoufu University, Tainan pada tanggal 21 Desember 2019, setelah tahun lalu juga sukses diadakan di Chung Yuan Christian University, Taoyuan.

Berawal dari system bidding yang diadakan PPI Taiwan untuk semua PPI Kampus yang ada di Taiwan, TSU ISA (Taiwan Shoufu University Indonesia Student Association) menerima tawaran dari PPI Taiwan untuk menjadi tuan rumah pada bulan Agustus. Tawaran ini ditindaklanjuti dengan melakukan open recruitment panitia secara online dimana diikuti oleh mahasiswa/i Indonesia tersebar di berbagai kampus di Taiwan. Acara yang dikomandoi oleh Jefrey Anderson ini bertaburan bintang tamu. Beberapa pejabat tinggi diantaranya Walikota Madou, Rektor Taiwan Shoufu University, Office International Affairs (OIA) Taiwan Shoufu University, Kepala Bidang PWNI KDEI, representatif BNI cabang Taiwan dan Ketua PPI Taiwan.

Dalam rangkaian sambutan disampaikan, “Terdapat 10% mahasiswa Indonesia disini dan saya merasa tersanjung manakala diberi kabar bahwa TSU akan menjadi tuan rumah bagi acara sebesar ini.” ungkap Rektor Taiwan Shoufu Universit. Terlebih lagi, Walikota Madou juga memberikan semangat, “Semua yang mengikuti acara ini adalah seorang pemenang.” ujarnya. Tak ketinggalan Kepala Bidang PWNI KDEI, Bapak Fajar, menyampaikan bahwa “Kerjasama KDEI dengan PPI Taiwan sudah terjalin sejak lama dan KDEI selalu berusaha untuk mendukung setiap kegiatan yang akan dilakukan.”

Acara yang juga didukung oleh BNI Taiwan, Aiworld, dan Indomie Taiwan ini berhasil mengumpulkan antusiasme para pelajar Indonesia di Taiwan yang luar biasa. Sejak dibuka pendaftaran pada tanggal 15 September 2019 – 14 Oktober 2019 untuk 6 cabang olahraga diantaranya voli, futsal, basket, catur, badminton dan tenis meja, panitia berhasil menarik antusias mahasiswa sebanyak 376 peserta dari 25 kampus di Taiwan diantaranya National Tsing Hua University, National Chiao Tung University, Tungfang Design University, Nankai University, Zhongshan University, National Chin Yi University Of Technology, Taiwan Shoufu University, National Taiwan University Of Science And Technology, Kunshan University, Kao Yuan University, Da Yeh University, National Central University, Chungyuan University, Overseas Chinese University, National Chung Hsing University, Chengsiu University, Chia Nan University, Chia Nan University Pharmacy  And Science, Chung Hwa Univ Of Medical Technology, Shu-Te University, I-Shou University, National Cheng Kung University dan Tamkang University.

Akan tetapi, jika dibandingkan dengan tahun lalu antusiasme peserta tahun ini sedikit menurun dikarenakan untuk pertama kalinya PPI CUP 2019 diselenggarakan di wilayah selatan Taiwan yang mana setiap tahunnya peserta PPI CUP banyak berasal dari Taiwan bagian utara. Oleh karena itu, banyak peserta dari daerah utara Taiwan yang belum bisa berpartisipasi dikarenakan jarak yang cukup jauh.

Pada tahun ini, Taiwan Shoufu University selaku tuan rumah berhasil merebut Juara umum PPI CUP 2019 dengan perolehan tiga medali emas yang sebelumnya dipegang oleh Ming Chuan University. Sedangkan juara kedua memperoleh jumlah medali sama rata, yakni satu medali emas dan satu medali perak jatuh kepada National Chin-Yi University of Technology dan Nan Kai University of Technology. Kepada para pemenang total hadiah yang diberikan mencapai 30.000 NTD. Kami tunggu kehadiran kalian di PPI CUP 2020 ya, see you! (nng,rna)

Please follow and like us:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share