Mengurus ARC Secara Online

Share

Mengurus ARC Secara Online

Ditulis oleh: Hanas Subakti dan Rania Akhmalia

Taiwan tidak pernah berhenti memberikan kejutan inovasi dan kemudahan bagi penduduknya. Kali ini yaitu tentang pengurusan Alien Resident Card (ARC) yang notabene adalah kartu resident atau kartu ijin tinggal di Taiwan. ARC wajib dipunya orang asing yang berencana tinggal di Taiwan lebih dari 6 bulan. Namun jika waktu kunjungan ke Taiwan kurang dari 6 bulan, maka teman-teman hanya membutuhkan visa kunjungan. Atau jika dirasa perlu, alangkah lebih baik bila teman-teman melakukan konfirmasi terlebih dahulu ke tempat/instansi yang kalian tuju di Taiwan mengenai kebutuhan akan ARC.

Untuk membuat ARC pertama kali yang harus teman-teman lakukan adalah mendaftar visa resident di kantor TETO atau perwakilan Taiwan di Indonesia. Masa berlaku visa resident hanya dua minggu, maka sebelum visa tersebut kadaluwarsa teman-teman harus segera mengajukan pembuatan ARC. Ini sangat penting sekali, jika sampai waktu visa resident kadaluwarsa dan teman-teman belum juga mengajukan pembuatan ARC, kalian bisa kena denda atau paling buruk bisa dideportasi. Penasaran seperti apa sih kartunya? Kalau mimin coba googling, hasilnya ada kakak cantik dibawah ini nih. 

Contoh ARC sumber wikipedia

Melanjutkan bahasan tentang  inovasi pemerintahan Taiwan dalam hal imigrasi khususnya pengurusan ARC ini, jadi terakhir tahun lalu, pelajar asing seperti kita harus melakukan semua kepengurusan di kantor Imigrasi yang ada di di setiap kota di Taiwan. Sama halnya kalau teman-teman mengurus KTP di Indonesia. Namun pemerintah Taiwan mempertimbangkan repotnya mengurus secara offline terutama untuk warga asing, akhirnya National Immigration Taiwan membuat terbosan untuk menyulap segala jenis kepengurusan ARC menjadi online. Segala jenis kepengurusan, mulai dari pembuatan baru, perpanjangan, pergantian dan perubahan informasi ARC dapat dilakukan secara online sejak tahun 2019. Mimin apresiasi betul untuk inovasi dan efisiensi birokrasi di Taiwan. 

Bagi teman-teman yang sudah paham bagaimana menggunakan internet maupun sosial media, tentu hal ini sangat mudah, berikut ini caranya :

  1. Buka situsnya di https://coa.immigration.gov.tw/coa-frontend/student/entry/foreign-student . Baca semua ketentuan untuk pengetahuan teman-teman lalu klik tombol “I want to apply” di bagian paling bawah.
  2. Jangan kaget kalau tiba tiba sudah ada halaman Login. Kalau teman-teman belum mempunyai akunnya klik tombol yang bertuliskan “Create an Account”. 
  3. Lengkapi formnya ya dan jika sudah selesai teman-teman akan menemukan tombol  “Register” untuk mendaftar, sedangkan tombol “Clear” disampingnya untuk me-reset data yang sudah teman-teman lengkapi.
  4. Teman-teman akan menerima email berisi konfirmasi yang pengirimnya bernama “NiaSayang yang ternyata kepanjangan emailnya adalah niasys[at]immigration.gov.tw. Hyaaah canda dikit hehe. Alamat email tersebut adalah email resmi dari Imigrasi Taiwan. 
  5. Setelah klik konfirmasi dari email barusan, nanti akan kembali ke halaman login. Teman-teman langsung saja masuk memasukkan username, password yang teman-teman sudah buat sebelumnya dan kode verifikasi (jangan tulis kata change-nya juga). 
  6. Ingat setelah itu klik tombol “Login” jangan sampai klik “Create an Account” lagi, biasanya orang lapar klik tombol register lagi.
  7. Setelah login nanti pilih jenis aplikasi yang akan teman-teman lakukan, seperti gambar di bawah ini:
Slide2

 

  1. Tiap aplikasi diharuskan melengkapi dokumen-dokumen ya. Jadi pastikan teman-teman melengkapi seluruh data dan persyaratannya. Mimin kasih bocoran sedikit nih dokumen yang perlu disiapkan, yaitu:
  • Foto ukuran digital 413×531 pixel pas, sesuai dengan background putih ya.
  • Scan paspor.
  • Scan ARC lama, jika teman-teman mau memperpanjang ARC. scan visa resident yang ada di paspor jika teman-teman mau membuat ARC untuk pertama kalinya. (disclaimer, Mimin hanya pernah melakukan perpanjangan ARC saja, jadi mungkin untuk pendaftaran pertama ARC agak beda.)
  • Surat keterangan pelajar aktif dari kampus teman-teman di Taiwan.
  • Surat yang membuktikan bahwa teman-teman tinggal di Taiwan, bisa surat dari dorm atau kalau kost, tinggal scan aja surat kontrak kost dari sang Laoban/Pemilik kos
  • Untuk dokumen tambahan lainnya, teman-teman bisa mengunggah kartu pelajar di Taiwan atau mungkin KTP kalau pertama kali buat ARC.
  1. Setelah mengunggah seluruh dokumen yang dibutuhkan. Teman-teman juga harus melakukan pengisian data diri (lagi) untuk proses finalisasi di bagian bawah. Sedangkan untuk kolom emergency kontak (wali yang berada di Taiwan), bisa diisi kontak teman atau gebetan yang juga tinggal di Taiwan, kalau kepepet bisa juga kontak mantan (kalau punya).
  2. Untuk pengambilan ARC silahkan pilih ke kantor imigrasi sesuai kota kamu ya, jangan sampai kita tinggal di Taipei tapi pilih kantor imigrasi Kaohsiung, jadi terpaksa liburan nanti.
  3. Setelah proses aplikasi selesai teman-teman bisa submit seluruh dokumennya dan menunggu permintaan kalian diterima. Untuk menerima permintaan teman-teman, ada selang waktu tunggu sekitar 3-5 hari atau bahkan lebih tergantung banyak atau tidaknya permintaan yang masuk ke Imigrasi.
  4. Setelah permintaan diterima, pihak Imigrasi akan mengirimkan tagihan sebesar 1000NTD (Catatan: untuk pembuatan dan perpanjangan ARC). Nah yang ini segera dibayar ya, karena semakin segera dibayarkan akan semakin cepat pula proses pengurusan ARC.
  5. Lagi-lagi teman-teman akan diminta menunggu. Kali ini yang ditunggu bukan jawaban dari doi melainkan konfirmasi jika pembayaran sudah diterima Imigrasi. Jika teman-teman sudah mendapatkan konfirmasi pembayaran. Hmm, masih nunggu lagi ya untuk mendapat email dari mbak NiaSayang yang berisi konfirmasi bahwa ARC sudah jadi dan siap diambil.

Mimin rasa cukup sekian informasi yang bisa dibagikan terkait proses pengurusan ARC secara online, semoga bermanfaat. Sekali lagi highly appreciation buat Taiwan yang tak pernahberhenti berinovasi mempermudah warganya supaya lebih betah tinggal di Taiwan. Terima kasih yang sudah baca, boleh dibagikan untuk teman-teman lain yang membutuhkan berita baik ini. 

 

Please follow and like us:
error

7 thoughts on “Mengurus ARC Secara Online

      • Hi dian, untuk perpanjangan ARC mimin menyarankan untuk langung saja pergi kekantor imigrasi. Namun sebelum itu, jangan lupa membawa surat keterangan dari kampus untuk perpanjangan nya. Proses perpanjangan maksimal 2 minggu.

  • slamat mala, saya mau tanya, untuk pertukaran pelajar yg masa study di taiwan kurang dari 6 bulan, apakah bisa mendapat ARC? Sebab visa yang kami pakai adalah visa visitor, bukan visa resident (dari kampus taiwan yang mensyaratkan untuk memakai visa visitor saja krn masa study kurang dari 6 bulan).
    trimakasih

    • Halo, selamat pagi. setau mimin ARC hanya diperuntukkan bagi orang yang memiliki visa resident saja. sehingga bisa jadi selama ditaiwan anda akan perpanjang visa visitor tersebut dan akan dibantu oleh pihak kampus. terimaksih good luck ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share