April 28, 2017

Gaya Hidup

Sebagai mahasiswa yang tinggal di luar Indonesia, tentunya salah satu hal yang akan dihadapi adalah persoalan biaya hidup. Taiwan menggunakan New Taiwan Dollar (NTD) sebagai mata uang yang bila dikonversikan sekitar 420 Rupiah untuk 1 NTD. Untuk biaya hidup sehari-hari, secara sederhana dibagi menjadi tiga yaitu tempat tinggal, makan, dan transportasi.

Tempat Tinggal

 Seperti umumnya kampus di tempat lain, sebagian besar universitas di Taiwan menyediakan asrama untuk mahasiswanya.  Keuntungan terbesar tinggal di asrama adalah efisiensi pengeluaran, rata-rata biaya tinggal di asrama adalah 5000-9000 NTD atau sekitar 2 sampai 3.5 Juta Rupiah per semesternya (setiap empat bulan), bentuk asrama di Taiwan bervariasi, ada yang satu kamar diisi dua sampai lima orang, tergantung kebijakan masing-masing universitas. Selain dari segi efisiensi biaya, keuntungan tinggal di asrama adalah kesempatan bersosialisasi dengan mahasiswa lokal dan mahasiswa internasional yang datang dari beragam tempat di dunia, ditambah lagi dengan fasilitas seperti internet, mesin cuci, kamar mandi, dan vending machine yang bisa ditemukan di asrama.

 Namun jika pembaca ingin mendapatkan privasi yang lebih, pembaca bisa mencoba untuk tinggal di kost atau apartemen. Kost di Taiwan hampir mirip dengan kost di Indonesia, kita hanya menyewa satu kamar untuk jangka waktu tertentu dengan kisaran harga sekitar 4000-8000 NTD perbulannya.

 Selain kost, pembaca juga bisa mencoba untuk tinggal di apartemen, tidak ada perbedaan yang mencolok antara kost dan apartemen, yang membedakan hanyalah jenis tempat tinggal, jika kost hanya menempati kamar, maka di apartemen kita diharuskan menyewa satu rumah yang terdiri dari beberapa kamar dengan harga termurah dari 20.000 NTD per bulannya. Biasanya mahasiswa Indonesia yang tinggal di Taiwan dan akan menempati apartemen akan sharing cost dengan rekan-rekannya yang tertarik untuk menempati rumah yang sama.

 Tapi harus diingat, tinggal di apartemen akan berbeda dengan tinggal di asrama, karena pembaca juga harus membayar tagihan internet, listrik, air, gas, dan sampah setiap bulannya. Walaupun begitu, keuntungan tinggal di apartemen adalah kita bisa memasak kapanpun kita mau.

 Makan

Umumnya, ada dua hal yang mahasiswa Indonesia lakukan untuk makan, yaitu memasak sendiri atau membeli di tempat makan. Jika pembaca mempunyai hobi masak, jelas hal ini sangat membantu menekan biaya hidup, namun jika pembaca tinggal di asrama kemungkinan bisa memasak sangatlah kecil karena hampir sebagian besar asrama di kampus tidak mengizinkan untuk memasak di dalam asrama.

Namun jangan khawatir, ada banyak toko makanan di Taiwan yang ramah dengan kantong mahasiswa. Jika pembaca seorang muslim, ada alternatif untuk mendapatkan makanan halal yaitu di warung vegetarian. Selain sehat, harga menu vegetarian relatif sangat murah, dengan harga 30-70NTD pembaca bisa menikmati satu porsi menu vegetarian.

Oh iya, kalau pembaca rindu dengan masakan khas Indonesia, jangan khawatir, ada banyak toko Indonesia seantero Taiwan. Selain menjual beragam produk seperti mie instan, bumbu masakan, camilan, dan produk sehari-hari, pembaca juga bisa menikmati menu makanan khas nusantara seperti nasi goreng, sate, mie ayam, dan bakso dengan harga sekitar 70-150NTD per porsinya.

 Transportasi Kota

Sistem transportasi di Taiwan saat ini dikenal sebagai salah satu yang terbaik di Asia, ada beragam moda transportasi umum yang dapat pembaca nikmati di sini, seperti sepeda umum, bus kota, MRT.

Untuk sepeda umum bisa ditemui di kota-kota besar seperti Taipei, Taichung, dan Kaohsiung. Pembaca bisa menggunakan sepeda umum untuk mobilitas, tarif yang dikenakan dihitung sejak 60 menit pertama, yaitu 5 NTD (sekitar 2000 Rupiah) di kota Taipei, dan gratis di kota Kaohsiung.

Selain sepeda umum, pembaca juga bisa mencoba bus kota. Dengan ongkos yang variatif dari 5 sampai 15 NTD setiap satu kali naik, pembaca bisa menikmati berkeliling kota.

Oh iya, ada juga MRT yang bisa ditemui di dua kota, yaitu Taipei dan Kaohsiung. Berbeda dengan bus kota, sistem penghitungan ongkos MRT adalah setiap stasiun yang dilalui, dengan tarif dimulai dari 20NTD, pembaca bisa menikmati moda transportasi umum yang nyaman dan aman ini. Tips untuk menggunakan transportasi umum di Taiwan : selalu bawa kartu mahasiswa kemanapun pembaca pergi untuk mendapatkan potongan harga tiket.

Share
Share