[Webinar] : Road to Indonesian Scholars Scientific Summit 2019

Halo sobat PPI Taiwan!

 

Dalam rangka memantik semangat para peneliti, akademisi dan praktisi dalam menyambut Indonesian Scholar Scientific Summit (I3S) 2019 yang merupakan forum pertemuan ilmiah internasional kedua oleh PPI Taiwan, maka dari itu webinar yang diadakan di youtube channel PPI Taiwan pada hari Sabtu, 27 Juli 2019 mengusung  tema “Deep-Tech Company: The Next Industrial Revolution 4.0”. Webinar kali ini berkolaborasi dengan PPI NCYU berlangsung sekitar 1 jam 30 menit diisi oleh 2 narasumber, yang pertama oleh Januar Widakdo (mahasiswa PhD Applied Science, NTUST) dan Bapak Suryandaru,M.T selaku Direktur Nanotech Global Innovation Pte. Ltd dan CEO Nano Center Indonesia (Indonesia).

Januar Widakdo membahas tentang definisi revolusi industri 4.0, serta kelebihan dan kekurangannya. Ia juga menyampaikan bahwa pada revolusi 4.0 suatu teknologi seperti artificial intelegent, kendaraan otonom dan internet dapat saling mempengaruhi kehidupan manusia dalam usaha untuk meningkatkan produktivitas dan menyelesaikan berbagai permasalahan kehidupan. Kemunculan teknologi ini ditandai dengan penggunaan teknologi nirkabel dan big data secara masif serta kompleks. Secara global, era digitalisasi diprediksi dapat menghilangkan sekitar 1-1.5 miliar pekerjaan sepanjang tahun 2015-2025 karena posisi manusia digantikan oleh mesin otomatis atau robot. Selain itu, sekitar 65% murid sekolah dasar dimasa akan datang akan memiliki pekerjaan yang tidak ada di masa kini, tuturnya yang dikutip dari U.S Department of Labor report. Di sisi lain, peluang besar yang dihasilkan adalah peningkatan tenaga kerja hingga 2.1 juta pekerjaan baru pada tahun 2025 dan terdapat pengurangan emisi karbon mencapai 26 miliar metrik ton dari industri elektronik, logistic dan otomotif dari tahun 2015-2025 (World Economic Forum). Namun pada revolusi industri 4.0 ini terdapat beberapa ancaman bagi low skill workers yang pekerjaannya dapat digantikan oleh robot. Sehingga diperlukan beberapa skill khusus untuk dapat menghadapi ekosistem ini seperti cognitive abilities, system skills, complex problem solving, content skills dan process skills untuk mengisi peluang permintaan sektor industri.

Sesi kedua oleh Bapak Suryandaru, M.T membahas mengenai Deep-Tech Company.  Deep-Tech Company erat hubungannya dengan kebutuhan perusahaan akan capital intensive, SDM yang mumpuni dan infrastruktur yang tidak murah. Namun dalam sesi ini beliau memberikan gambaran secara jelas dan konkrit mengenai beberapa startup yang telah berkembang di Indonesia seperti nanobubble, schoters, nanotech, sinergi nanotech, natura, coating republic, brainorus, nanoturbo, nanodii, nanobox, nanoland dan lain-lain. Deep-Tech Company di Indonesia harapannya dapat menyelesaikan setiap permasalahan yang ada sehingga lebih efisien dan bisa dengan mudah dikendalikan. Menurut beliau, Revolusi industri 4.0 merupakan suatu tantangan sekaligus kesempatan bagi generasi muda untuk memutuskan akan menjadi pengguna atau menjadi pemberi solusi dalam ekosistem revolusi industri 4.0. Indonesia adalah negara dengan SDM yang mumpuni untuk mengembangkan teknologi dan dapat bermanfaat untuk menunjang kelangsungan hidup bangsa. Sehingga hal ini sebenarnya bergantung pada cara pandang dari setiap orang untuk berani melakukan perubahan dan kebermanfaatan. Karena faktanya akan muncul keseimbangan baru dalam eksosistem revolusi industri sesuai dengan keahlian masing-masing orang.

Menarik sekali memang apabila bisa menjadi generasi muda yang turut serta dan memiliki peran besar dalam kemajuan perkembangan teknologi di era revolusi industri 4.0 ini. Tidak hanya itu, kesempatan dan peluang besar akan datang bagi seluruh kalangan masyarakat yang selalu melakukan sesuatu dan tidak tinggal diam dalam menanggapi suatu perubahan. Dalam webinar kali ini juga diharapkan dapat menjadi sarana pemantik semangat bagi generasi muda khususnya kalangan intelektual mahasiswa untuk terus melakukan personal development dalam mewujudkan Indonesia yang siap menghadapi revolusi industri 4.0. (nng,rna)

Please follow and like us:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *