REVIEW BEASISWA LPDP

Share

Mari manfaatkan kesempatan menempuh jenjang pendidikan S2 dan S3 melalui beasiswa LPDP. Persiapkan dirimu membangun negeri kita tercinta…

-Presiden Joko Widodo-

tahapan seleksi beasiswa lpdp

Beasiswa LPDP tidak asing lagi dikenal sebagai salah satu yang berada dalam jajaran beasiswa bergengsi di Indonesia. Beasiswa yang dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia dan telah memiliki 20,255 penerima beasiswa dan 7,108 alumni ini kembali memberikan kesempatan bagi pemburu beasiswa di tahun 2019.

LPDP memberikan Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) yang terdiri dari pembiayaan pendidikan baik dalam negeri maupun luar negeri. Terdapat berbagai jenis beasiswa yang diberikan, yang terbagi ke dalam 3 kelompok besar yakni Beasiswa Umum, Beasiswa Afirmasi, dan Beasiswa Targeted Group.

Jadwal seleksi akan terbagi ke dalam dua tahap, yang masing-masing akan diselenggarakan pada 26 April-16 September 2019 dan 1 Juli-18 Desember 2018 dengan garis besar ketentuan sebagai berikut,

  1. Seleksi Beasiswa LPDP tahun 2019 dibuka dalam 2 tahap baik untuk tujuan Dalam Negeri dan Luar Negeri.
  2. Pendaftar Beasiswa yang tidak Lulus pada Tahap Adiministrasi atau Seleksi Berbasis Komputer, diperbolehkan mendaftar kembali pada Seleksi Tahap 2 ditahun yang sama pada program yang sama atau berbeda.
  3. Pendaftar Beasiswa yang Tidak Lulus pada Tahap Wawancara, tidak diperbolehkan mendaftar lagi pada Seleksi Tahap 2 ditahun yang sama pada semua Program.
  4. Mulai perkuliahan yang diperbolehkan untuk Seleksi Beasiswa Tahap 1 dengan ketentuan sebagai berikut:
  • Seleksi Wawancara pada Seleksi Beasiswa Tahap I akan dibagi ke dalam 2 gelombang yaitu Wawancara I dan Wawancara II
  • Seleksi Wawancara I untuk pendaftar yang melampirkan LoA Unconditional  pada saat melakukan pendaftaran Online.
  • Seleksi Wawancara II untuk pendaftar yang tidak melampirkan LoA Unconditional pada saat melakukan pendaftaran Online.
  • Bagi pendaftar yang telah memiliki LoA Unconditional pada saat melakukan pendaftaran online terdapat ketentuan sebagai berikut :

1.)   Seleksi Berbasis Komputer akan dilakukan sesuai pilihan lokasi seleksi saat pendaftaran online.
2.) Jika dinyatakan lulus Seleksi Berbasis Komputer dan selanjutnya mengikuti tahap wawancara yang akan dipusatkan pada 4 (empat) kota yaitu Jakarta, Surabaya, Bandung atau Yogyakarta karena peserta tersebut akan mengikuti Wawancara I. Sehingga pendaftar yang pilihan saat pendaftaran onlinediluar dari 4 lokasi seleksi tersebut, LPDP akan persilahkan menyesuaikan lokasi agar dapat mengikuti Wawancara I.

  • Pendaftar yang melampirkan LoA Unconditional pada saat pendaftaran online dapat memulai perkuliahan paling cepat pada bulan Agustus tahun 2019 untuk Dalam Negeri dan bulan September tahun 2019 untuk Luar Negeri berdasarkan peringkat dan kuota.
  • Pendaftar yang telah memiliki LoA Unconditional tetapi tidak masuk peringkat dan kuota tahun 2019, maka diharuskan memulai perkuliahan pada tahun 2020.
  • Pendaftar yang tidak melampirkan LoA Unconditional saat melakukan pendaftaran secara online mulai perkuliahan tahun 2020.

5. Seleksi Beasiswa Tahap 2 diberlakukan untuk perkuliahan paling cepat pada bulan Januari tahun 2020.

6. Bagi pendaftar yang mengundurkan diri setelah dinyatakan lulus seleksi wawancara kecuali karena sakit yang menyebabkan calon penerima beasiswa tidak dapat melanjutkan studi dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter/rumah sakit yang mencantumkan rekomendasi untuk tidak melanjutkan studi maka akan dilakukan pemblokiran untuk mengikuti program LPDP di masa mendatang.

Kunjungi media sosial LPDP untuk info lengkapnya ya !
Website : lpdp.kemenkeu.go.id
Instagram : @lpdp_ri

Please follow and like us:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share