Press Release Pelantikan PPI Taiwan 2019-2020

Pelantikan Dewan Perwakilan dan Pengurus PPI Taiwan periode kepengurusan 2019-2020 yang dilaksanakan pada hari Minggu, 21 April 2019 bertempat di Indonesia Exhibition Center, KDEI, Taipei. Acara yang dimulai pukul 09.00 tersebut dihadiri Kepala KDI, Bapak Didi Sumedi, Staf KDI, Bapak fajar Nuradi dan Bapak Miftah Farid. Beberapa Perwakilan dari PPI kampus dan kota. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh perwakilan dari MOE Ms. Andrea Shu-Ya dan perwakilan dari Badan Otonom.

Pelaksanaan kegiatan meliputi beberapa rangkaian acara yang dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, yang kemudian dilanjutkan dengan upacara pelantikan Dewan Perwakilan periode 2019-2020 oleh Kepala KDEI. Prosesi pelantikan dilakukan dengan cara membacakan ikrar oleh Bapak Kepala KDEI dan diikuti oleh seluruh anggota Dewan perwakilan PPI taiwan.

Selanjutnya pelantikan Pengurus PPI Taiwan, oleh Ketua Umum DP Bapak Ja’faruddin dengan membacakan ikrar pengurus dan diikuti oleh seluruh pengurus PPI Taiwan. Selanjutnya diadakan penandatangan berita acara pelantikan oleh Kepala KDEI, Ketua DP, Ketua PPI didampingi oleh Bapak Jajang Jaenudin sebagai saksi pelantikan menandatangani berita acara sekaligus mewakili pengurus DP periode 2018-2019.

Upacara pelantikan dilanjutkan dengan sambutan ketua Dewan Perwakilan. Dalam sambutannya Pak Ja’faruddin menyampaikan harapannya untuk kepada anggota DP untuk bersinergi dengan pengurus PPI Taiwan dalam mensukseskan program kerja yang memiliki tindak lanjut dan implementasi yang nyata sehingga bisa memberikan manfaat yang lebih luas.

Selanjutnya adalah sambutan oleh ketua Pengurus PPI Taiwan, Adi Kusmayadi yang dalam kesempatan tersebut, Adi menekankan peran pelajar Indonesia di Taiwan sebagai duta bangsa mampu untuk : melakukan deseminasi Ide dan Gagasan serta mampu mengembangkan jaringan .

Pelantikan kali ini terbilang istimewa karena karena dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Pendidikan Taiwan (Ministry of Education) yang diwakili oleh Ms. Andrea Shu-Ya. Dalam kata sambutannya Ms. Andrea juga menyampaikan harapan untuk PPI Taiwan dapat membantu MoE dalam mengetahui kebutuhan pelajar Indonesia di Taiwan, dan MOE akan terbuka kerjasama dengan PPI dalam memfasilitasi mahasiswa Indonesia di Taiwan. Ia juga memberikan harapan bahwa mahasiswa indonesia tidak hanya datang untuk belajar namun bisa memperluas jaringan serta   mampu menyesuaikan diri dengan mempelajari budaya dan kebiasaan di Taiwan. Kedepannya, MoE berharap bisa melakukan kerjasama lebih banyak lagi dan terlibat dalam setiap kegiatan pelajar Indonesia di Taiwan.

Merangkum sambutan-sambutan dari Ketua DP, Ketua Pengurus PPI Taiwan dan juga Perwakilan MoE, Kepala KDEI juga menekankan harapan yang sama tentang promosi pendidikan dan perlindungan terhadap seluruh mahasiswa Indonesia di Taiwan.

Agenda Pelantikan Kepengurusan PPI Taiwan 2019 dilanjutkan dengan workshop bertemakan, “Sinkronisasi Visi, Misi, Program kerja dengan kebutuhan Anggota PPI Taiwan”. Workshop yang berlangsung selama 4 jam ini dipimpin oleh Sutarsis selaku Ketua Yayasan Pendidikan PPI Taiwan. Tiga jam pertama dilalui dengan pembahasan berbagai masalah yang dikelompokkan berdasarkan komisi dewan perwakilan. Yaitu pengawasan, legislatif dan anggaran. Peserta yang terdiri dari anggota dewan perwakilan dan anggota pengurus PPI Taiwan dibagi menjadi 3 kelompok sesuai topik komisi.

Komisi Pengawasan membahas permasalahan yang menimpa mahasiswa Indonesia di Taiwan, seperti permasalahan mahasiswa magang yang disalurkan oleh agen, permasalahan beasiswa yang kurang jelas cakupannya bagi mahasiswa magang, juga permasalahan database mahasiswa Indonesia yang belum dimanajemen dengan baik. Sedangkan Komisi Legislasi membahas tentang mekanisme e-voting untuk pemilihan wakil mahasiswa. Lain halnya dengan Komisi Anggaran, pada kegiatan workshop tim ini membahas lebih banyak tentang kemungkinan kerjasama dengan pihak eksternal, pendanaan dari berbagai pihak sampai transparansi cash flow.

Satu jam terakhir agenda ini diisi dengan pengenalan anggota Pengurus PPI Taiwan, penyampaian visi-misi, pemaparan program kerja unggulan oleh ketua Pengurus PPI Taiwan, Adi Kusmayadi, dan ditutup dengan foto bersama seluruh anggota kepengurusan PPI Taiwan 2019-2020. Dengan adanya agenda ini diharapkan kepengurusan PPI Taiwan selama satu periode kedepan dapat menjalin kerjasama sebanyak-banyaknya dengan pihak terkait dan pelaksanaan program kerja dapat berjalan lancar serta memiliki nilai guna di kehidupan nyata. (rna/rsa)

 

Please follow and like us:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *