SIKAP PERHIMPUNAN PELAJAR INDONESIA SUKSESKAN PEMILU RI DI TAIWAN

Share

Tidak terasa dalam hitungan bulan lagi, Indonesia akan menggelar pesta demokrasi dimana rakyat akan memilih Presiden dan Wakil Presiden serta Anggota Dewan Legislatif untuk lima tahun mendatang. Sebagai insan cendikia yang menempuh pendidikan diluar negeri mengharap suatu tanggung jawab moral segenap komponen bangsa untuk menjamin terlaksananya pemilihan umum itu secara adil dan jujur tanpa adanya gesekan – gesekan yang berpotensi mencederai persatuan dan kesatuan bangsa.

Pada Sabtu 17 November 2018 bertempat di Tunghai University, Taichung terselenggaranya kegiatan Indonesia Scholar Scientific Summit dimana merupakan ajang bertukar pikiran dan ide para kaum intelektual sebagai bentuk kontribusi nyata terhadap tanah air melalui bidang penelitian riset dan teknologi yang dimotori oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia di Taiwan. Di sela – sela kegiatan tersebut PPI Taiwan dan bersama ketua – ketua dari PPI Kota/kampus yang hadir pada sore hari itu telah menyepakati beberapa point bentuk sikap netralitas organisasi pelajar indonesia di tanah formosa.

PPI Taiwan dan Perwakilan PPI Kampus/Kota

PPI Taiwan yang diwakili oleh saudara Apriadi selaku sekjen menerangkan bahwasanya Perhimpunan Pelajar Indonesia di Taiwan merupakan representatif dari cendikia dan bagian dari elemen bangsa maka dengan penuh tanggung jawab beliau menyampaikan point yang telah disepakati dan menyatakan sikap sebagai berikut :

Pertama, Perhimpunan Pelajar Indonesia di Taiwan Mendukung sepenuhnya terhadap penyelenggaraan pemilu oleh pemerintah Republik Indonesia secara jujur dan adil.

Kedua, bersama sepakat dalam menjaga netralisasi organisasi terhadap upaya tarikan-tarikan politik praktis dari kontestansi pemilu yang sedang berlangsung.

Ketiga, sebagai organisasi pelajar yang independen siap mengkawal jalannya proses pemilihan umum yang akan diselenggarakan pemerintah melalui Panitia Pemilu Luar Negri di Taiwan agar terciptanya penyelenggaraan pemilu yang jujur, adil dan transparan.

Keempat, Secara aktif mengambil peran dalam mengedukasi masyarakat Indonesia, khususnya Warga Negara Indonesia (WNI) di Taiwan dalam menggunakan hak politisnya secara benar serta ikut aktif dalam menjaga kondisi yang kondusif.

 

Taiwan, 17 November 2018

Tertanda Ketua Umum dan Sekertaris Jendral PPI Taiwan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share