BEASISWA MOFA TAIWAN

Program beasiswa Taiwan merupakan beasiswa yang diiniasisi bersama oleh Kementerian Luar Negeri (MOFA), Kementerian Pendidikan (MOE), Kementerian Urusan Ekonomi (MOEA) dan Dewan Sains Nasional (NSC). Program beasiswa ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2004. Pada tahun 2011, program beasiswa ini berkembang menjadi program Beasiswa MOFA Taiwan dan program Beasiswa MOE Taiwan yang bertujuan untuk memberikan kesempatan para pelajar dari berbagai latar belakang bidang studi untuk dapat menempuh pendidikan di Taiwan.

Program beasiswa MOFA merupakan beasiswa yang bertujuan untuk mendorong para pelajar yang memiliki prestasi akademik untuk meraih gelar akademiknya di Taiwan. Beasiswa ini juga menjadi sarana untuk membangun persahabatan dan peningkatan pertukaran budaya antara pelajar Taiwan dengan pelajar dari negara-negara lain.

Para pelajar dari negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Taiwan memiliki kesempatan besar untuk memperoleh beasiswa ini. Namun beasiswa ini juga memberikan kesempatan bagi para pelajar dari negara-negara yang belum memiliki hubungan diplomatik dengan Taiwan.

Program

1. The non-degree Mandarin Language Enrichment Program (LEP)

Penerima beasiswa akan mengambil LEP maksimum 1 tahun pada institusi pengajar mandarin (Mandarin Training Centers) yang bekerja sama dengan universitas atau fakultas yang terakreditasi oleh Kementerian Pendidikan Taiwan.

2. Degree programs

Penerima beasiswa diperbolehkan untuk mendaftar pada bidang ilmu apapun untuk jenjang studi S1, S2 atau S3.

Durasi Beasiswa

a. Non-degree LEP: 1 tahun.

b. Degree programs:

  1.  Program S1: 4 tahun maksimum
  2. Program S2: 2 tahun maksimum
  3. Program S3: 4 tahun maksimum

Bantuan Dana Pendidikan

Untuk mendukung kelancaran studi, penerima beasiswa akan diberikan bantuan dana pendidikan yang diberikan meliputi sebagai berikut:

1.  Uang saku sebesar NTD 25.000 untuk LEP.

2. Uang saku sebesar NTD 30.000 untuk degree program.

3. Tiket pesawat ekonomi untuk keberangkatan 1 arah dengan tujuan ke dan dari Taiwan.

Persyaratan Pendaftar

Pelamar beasiswa harus memenuhi ketentuan sebagai berikut:

  1. Memiliki nilai akademik yang bagus, moral dan karakter yang bagus, serta tidak ada catatan kriminal.
  2. Tidak termasuk kenegaraan Republic of China (ROC) Taiwan.
  3. Tidak termasuk salah satu bagian dari kenegaraan China
  4. Tidak pernah menerima pendidikan disalah satu institusi di Taiwan pada tingkat yang sama atau LEP yang yang ingin di daftar.
  5. Bukan termasuk siswa pertukaran melalui perjanjian kerja sama antara universitas / perguruan tinggi asing dan lembaga pendidikan di Taiwan saat menerima beasiswa.
  6. Sebelumnya tidak memiliki beasiswa yang dicabut oleh lembaga pemerintah ROC atau lembaga terkait lainnya.

Hal lainnya

  1. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi Taiwan Scholarships and Huayu Enrichment Scholarships website at https://taiwanscholarship.moe.gov.tw/
  2. MOFA website: http://www.mofa.gov.tw/
  3. Contact person: Yi-Ching Chuang

Tel: +886-2-2236-8225 ext.4210,4211 or 4212

Fax: +886-2-2236-8593

Emai1: ivanc@cc.shu.edu.tw

Periode Pendaftaran

Periode pendaftaran beasiswa pada tanggal 1 Februari 1 sampai 31 Maret.

Please follow and like us:
error

25 thoughts on “BEASISWA MOFA TAIWAN

  • Halo, saya pernah kuliah di taiwan selama 1 semster, dan resigned di tgah jalan (tidak mendapatkan degree title) dan tidak melewati jalur overseas chinese. Tahun depan saya berniat mendaftar beasiswa ini, apakah saya masih memenuhi? Terima kasih

  • Hallo..mau tny nih..apakah beasiswa ini bisa di apply pada saat mulai memasuki tingkat 2 (apply utk 3 thn ke dpn), karena saya skrng sdh sedang kuliah pada semester pertama..

  • Hai Kak, mau tanya, kalau saya mencoba daftar beasiswa s1 MOE tapi juga mencoba daftar LEP/s1 MOFA, apakah diizinkan?

    Dan semisal saya mendaftar beasiswa dari pemerintah taiwan, apa saya juga diperbolehkan untuk apply beasiswa universitas?

    Terimakasih sebelumnya!

  • Selamat sore,

    Mau tanya, saya sekarang kelas 3 SMK dan belum mendapat ijazah, apakah bisa apply MOE Scholarship ? Kebetulan daftar di Dong Hwa, dan apabila mendapat Beasiswa Kampus, apakah tetap dapat 2 atau pilih salah satu ?

    Terima Kasih,
    Regards,

    Owen

  • ohya kak, apa Indonesia bisa daftar beasiswa ini ya? kalo bisa, kirim filenya kemana kak? ke TETO juga? alamatnya apakah sama kayak yang kirim beasiswa MOE?
    makasih kak 🙂

  • Halo! Mau tanya, apakah untuk apply beasiswa ini harus terlebih dahulu memiliki LOA di salah satu univ. Taiwan? Jika tidak harus, apakah harus diwaktu yg bersamaan dgn periode beasiswa ini berarti Fall ya atau bisa menyusul apply program Spring, sebab sepertinya untuk Fall sdh terlewat. Terima kasih

    • Halo,
      Beasiswanya untuk intake Fall. Untuk info pendaftarannya, silahkan di klik link yg sdh kami sediakan diartikel ini.
      Download panduannya, semua informasi lengkap di dalamnya.
      Terima kasih.

  • Halo Kak, aku ada 2 pertanyaan:
    1. Besaran beasiswanya sendiri kan NTD 30.000/month, nah itu berarti kita sendiri yang harus manage semua dengan grant tersebut ya Kak? Misal biaya kuliah, dorm, asuransi, buku, internship, bimbingan, serta biaya hidup kita selama kuliah(?)
    2. Ketika kuliah kita libur, apakah stipend tersebut masih akan diberikan, atau disuspend sampai masa aktif kuliah selanjutnya?
    Terima kasih banyak 🙏

    • Halo

      1. Betul harus dimanage sendiri tapi ini bergantung juga dari kebijakan univnya. Tetapi khusus tuition fee bergantung kebijakan dari masing-masing univ.
      2. Beasiswa tetap jalan meskipun sedang summer vacation ataupun winter vacation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *