PPI Taiwan Mengabdi Episode 2: Penyuluhan HIV/AIDS dan Narkoba

Share

TAIPEI – Hari Minggu tanggal 11 Juni 2017 bertempat di Sekretariat PCINU Taiwan,  telah terlaksana acara “Penyuluhan HIV AIDS dan Narkoba” yang kedua kalinya, sebagai program kerja dari bidang Pengabdian Masyarakat. Acara ini diselenggarakan berkat kerjasama dari PPI TAIWAN khususnya bidang pengabdian masyarakat, TAF (Taiwan Aids Foundation) dan PCINU (Pimpinan Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama) Taiwan. Penyuluhan ini bersifat umum dan dihadiri oleh sahabat- sahabat BMI (Buruh Migran Indonesia), pelajar dan pengurus PCINU yang ada di Taiwan. Penyuluhan dimulai pada pukul 14.00 dengan jumlah peserta seminar sejumlah 15 orang, seperti halnya pada penyuluhan yang pertama, penyuluhan dimulai dengan game yang interaktif dan kemudian dilanjutkan dengan pre-test untuk mengetahui seberapa besar tingkat pengetahuan peserta terhadap HIV AIDS dan Narkoba.

Setelah itu dilanjutkan dengan sesi peyuluhan mengenai HIV AIDS. Sesi penyuluhan dibagi kedalam dua sesi yaitu sesi HIV AIDS yang disampaikan oleh saudara Ari Setyawan dan juga sesi Narkoba yang disampaikan oleh saudari Lamtiur Junita Banchin. Selama penyuluhan berlangsung tampak wajah yang penasaran dari para peserta penyuluhan, karena mereka sangat jarang dan jauh dari benda-benda yang disampaikan pada acara tersebut seperti halnya kondom pria, kondom wanita, penyakit-penyakit menular seksual sampai jenis-jenis narkoba yang beredar di pasaran. Penyuluhan ini ditujukan untuk menambah wawasan dan memberi pengetahuan tentang gejala- gejala dan penyebab dari HIV AIDS maupun Narkoba. Karena hal ini sangat erat kaitannya dengan mahasiswa maupun BMI yang ada di Taiwan.

Raut Serius Peserta Penyuluhan Menyimak Materi

Setelah sesi ini selesai kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, dan kuis berhadiah yang dipersembahkan oleh TAF. Antusiasme peserta tampak begitu besar dengan banyaknya jumlah penanya dalam sesi ini. Peserta juga sangat semangat dalam menjawab pertanyaan kuis dari teman- teman penyuluh karena ingin mendapatkan hadiah menariknya. Kemudian dilanjutkan dengan sesi post-test yang bertujuan menilai sebagaimana besar peningkatan pengetahuan peserta sebelum dan sesudah acara penyuluhan.

Kami akan selalu meningkatkan kualitas penyuluhan kami, dan kami akan selalu mendengarkan saran dan kritik dari teman- teman semua. Kami harap dengan adanya acara seperti ini bias mengurangi resiko HIV AIDS maupun resiko penggunaan Narkoba bagi warga Indonesia di Taiwan. Tunggu acara selanjutkanya dari kami ya, salam PPI TAIWAN #BERSAHABATBERMANFAAT. (Red/Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share