Warna-Warni Indonesia di International Cultural Festival NTHU

Share

International Cultural Festival di National Tsing Hua University (NTHU) dalam  rangka merayakan NTHU Anniversary kembali dilaksanakan pada 23- 24 April 2017 yang lalu. Acara yang terbuka untuk umum ini terdiri atas dua kegiatan utama, yaitu Cultural Festival dan Workshop (23/04) dan Food Festival (24/04). Terdapat beberapa booth dari beberapa negara yang mengikuti kegiatan ini dan bersaing memperkenalkan kebudayaan dan makanan khas dari Negara masing-masing, termasuk mahasiswa Indonesia.

International Cultural Festival and Workshop

Acara yang diselenggarakan oleh International Office NTHU merupakan acara tahunan yang amat ditunggu. Mahasiswa Indonesia di NTHU berkolaborasi dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia Hsinchu (PPI Hsinchu) yang dikoordinir oleh Freddy Chandra tahun ini mengangkat tema travelling untuk booth cultural, hal ini dikarenakan saat ini masyarakat Indonesia mulai banyak dikenal oleh masyarakat Taiwan, jadi tidak ada salahnya untuk mengenalkan beberapa destinasi wisata di Indonesia yang tidak kalah menakjubkan selain Bali. Selain itu, ada beberapa permainan yang dikenalkan seperti sendok kelereng dan lompat tali dengan karet gelang.

Pihak panitia juga mengadakan workshop dari beberapa negara, salah satunya Indonesia batik. Instruktur dari workshop ini adalah salah satu teacher di Taiwan yang pernah belajar membatik. Workshop membatik ini menjadi salah satu daya tarik antusiasme pengunjung, dan hasil karyanya juga bisa mereka bawa pulang sebagai souvenir. Kegiatan cultural festival dan workshop yang dibuka sejak pukul 09.00- 15.30 ini mampu menarik banyak perhatian pengunjung.

(foto: PPI Hsinchu)

 

International Food Festival

Acara food festival dibuka sejak pukul 18.00 – 21.00. Mahasiswa Indonesia di NTHU ini menyajikan beberapa macam makanan antara lain mie goreng, rujak, tahu, dan beberapa kue. Dari beberapa makanan yang disediakan, mie goreng yang paling banyak digemari. Disediakan kupon untuk membeli pembelian makanan. Acara food festival ini terbilang sukses karena semua makanan habis terjual dan ramai yang berpartisipasi termasuk anak-anak.

Acara tahunan ini merupakan ajang bagi mahasiswa Indonesia untuk memperkenalkan budaya, tradisi lokal, dan makanan khas Indonesia ke tingkat Internasional. Acara ini juga merupakan wadah untuk melatih kemampuan berbisnis dan entrepreneurship bagi mahasiswa Indonesia di tengah-tengah kesibukan kuliah dan aktivitas laboratorium.

“Secara umum, acara International Cultural Festival ini berjalan lancar dan sukses, Mahasiswa Indonesia NTHU berkolaborasi dengan PPI Hsinchu cukup sukses memperkenalkan budaya, tradisi lokal, dan makanan khas Indonesia yang ternyata sangat di gemari. Dan melalui acara ini kita tidak hanya dikenal oleh masyarakat Taiwan, tetapi juga menjadi sorotan dari negara lain”, papar Hans Tannady, selaku koordinator cultural festival ini.

Harapan PPI Hsinchu untuk acara International Cultural Festival ini adalah dapat menjadi penyemangat bagi teman-teman dalam memperkenalkan Indonesia dalam skala Internasional di negeri formosa. (Din/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share