Home » Studi di Taiwan » Info Umum » Info Sekolah di Taiwan

 
 

Info Sekolah di Taiwan

 
 

Sejak tahun 2004 pemerintah Taiwan baik melalui departemen pendidikan atau Ministry of Education (MOE), kementrian luar negeri the Ministry of Foreign Affairs (MOFA), kementrian perdagangan the Ministry of Economic Affairs (MOEA), and lembaga penelitian nasional Taiwan atau the National Science Council of the Executive Yuan (NSC), telah menyediakan program beasiswa bagi calon mahasiswa berprestasi dalam mendorong mereka mengambil jenjang pendidikan baik S1, S2 maupun S3. Beasiswa tersebut menyediakan banyak kesempatan dari berbagai disiplin ilmu dan dan di berbagai universitas ternama di Taiwan, termasuk beberapa jurusan unggulan seperti teknologi informasi, hubungan international, teknologi dan bisnis.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengetahuan dan pengertian antara Taiwan dengan negara-negara di seluruh dunia, untuk mencari kesempatan dalam mengembangkan atmosfer akademik dan jejaring pendidikan internasional lewat pendidikan tinggi, dimana akan berpengaruh juga terhadap perkembangan ilmu dan teknologi baik secara teoritis maupun di bidang industri dan bisnis.

Saat ini, ribuan pelajar luar negeri menempuh pendidikan di Taiwan baik untuk mengambil degree atau sekedar belajar bahasa mandarin. Mahasiswa Indonesia termasuk salah satu negara dengan jumlah pelajar terbanyak di Taiwan, berikut Vietnam, Filipina dan Thailand serta negara Asia lainnya. Tidak diragukan lagi, pertukaran kebudayaan dan toleransi di antara sesama pelajar di seluruh dunia akan menjadi pengalaman yang sangat berharga.

Tips Sekolah di Taiwan

Pastikan dahulu jurusan atau topik riset yang anda minati. Semua jurusan tersedia di Taiwan, hanya saja, jika tidak menguasai mandarin, anda harus memastikan apakah program itu ditawarkan dalam bahasa Inggris atau tidak.

Untuk memperbesar kans diterima di universitas pilihan anda, hubungi Profesor bidang studi yang diminati. Biasanya anda dapat mencari kontak dari Profesor melalui website fakultas. Tidak ada salahnya anda mencoba menyodorkan skripsi S1/S2 anda jika anda belum punya ide lain.

Langkah berikutnya, daftar ke universitas tersebut dengan melampirkan rekomendasi dari Profesor tadi. Rekomendasi dari profesor-professor Indonesia juga sangat sekali untuk memperbesar kemungkinan anda diterima.

Beberapa administrasi yang harus dilengkapi meliputi IPK, TOEFL-IELTS, GMAT, dsb. Biasanya universitas akan memprioritaskan calon pelamar yang ber-IPK diatas 3.0. Sedangkan untuk tes bahasa Inggris atau TOEFL, rata-rata universitas mematok skor minimal 500.